Blog nya Orang Bego

Cyber, Hacking, Tutorial, Virus,Anti Virus and more

Transaksi Online (siapa Takut)

Posted by adixersoft pada 07/05/2009

YANG HARUS DI PERHATIKAN SAAT TERANSAKSI ONLINE ADIZONNERSS…

Sebelum anda mengeluarkan uang untuk membeli jasa atau produk secara online, maka beberapa hal di bawah ini perlu anda perhatikan untuk meyakinkan anda dan agar tidak menyesal karena tertipu oleh kegiatan-kegiatan nakal/penipuan online. Beberapa penipuan yang sering terjadi : – Phising : Pembajakan lewat situs tipuan, membuat web yang mirip dengan web lainnya dengan maksud untuk menipu. HATI-HATI sebab kegiatan phising sedang marak di dunia cyber. – Produk palsu : Si penipu hanya menjual produk palsu yang mungkin didapatkan dari sumber yang tidak dapat dipercaya (Untrusted sources) dan bahkan produk tersebut tidak dapat digunakan sama sekali. – Menyisipkan virus dalam produk : Hal ini juga sering terjadi. Ada banyak produk downloadable (produk yg di download) telah disisipkan virus, trojan, spyware, dll dengan tujuan untuk mencuri data pribadi anda seperti username, password, PIN banking, dll. Adalah sangat penting untuk mempercayai sumber dari produk yang akan anda download agar tidak menyesal kemudian. – Produk tidak dikirim : Sering terjadi setelah pembeli/buyer mengirimkan dana pembayarannya namun produk tak pernah ia dapatkan. Penipuan jenis ini sering terjadi pada instant payment seperti metode pembayaran e-gold dan jenis e-currency lainnya, credit card, bahkan bank transfer. – Support adalah rayuan belaka : Karena memang sifatnya adalah penipuan, maka sudah dipastikan tidak ada support untuk produk atau jasa yang anda beli. Bisa saja si penipu memberikan iming-iming support 24jam, garansi dan free update, namun semuanya adalah rayuan belaka dan tidak pernah terbukti. Untuk menghindari penipuan-penipuan ini, anda perlu memeriksa sumbernya dahulu sebelum memutuskan utuk membeli produk/jasa, ada beberapa cara :

1. Periksa data lengkap penjual, seperti nama, alamat, no.telepon/Hp, data bank, lebih baik jika ada profil perusahaan.

2. Periksa whois record domain penjual dan pastikan data Registrant adalah sama dengan yang ada di websitenya. Di dalam Registrant Information wajib menggunakan nama, alamat, negara, email dan no.telepon yang jelas dan benar. Periksa kembali apakah data pada website penjual adalah sama dengan Registrant Informationnya. Untuk melihat registration information domain silahkan buka : http://whois.domaintools.com/ Contoh : – http://whois.domaintools.com/indoscript.comhttp://whois.domaintools.com/mlmcoder.com 2. Hubungi no.telepon yang diberikan, dan berbicaralah dengan si penjual secara langsung dan yakinkan diri anda bahwa anda tidak ditipu.

3. Periksa data perusahaan/company profil si penjual, lebih baik jika didukung dengan bukti dokumen.

4. Jika dekat, kunjungi alamat si penjual untuk memastikan alamat tersebut adalah benar ada, bukan rekayasa.

5. Pastikan nama pemilik Account Bank adalah sama dengan nama si penjual yang tertera di websitenya. Anda bisa mengeceknya di ATM/Internet Banking ketika akan transfer. Jika anda menemukan nama yang berbeda, segera batalkan transfer anda.

2 Tanggapan to “Transaksi Online (siapa Takut)”

  1. Saya pilih tulisan ini, sy tautkan tulisan ini dalam comment blog saya di CubeCart untuk Jualan Online. Ping akan dikirim segera🙂

  2. […] Virtuemart » Transaksi Online (siapa Takut) » Mengenal FTP (Part 3) ( BALAS […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: